- Pendahuluan
Perkembangan teknologi semakin
inovatif guna mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan. Namun perkembangan
teknologi tidak lepas dari sumber energi yang digunakan. Contohnya hampir semua
kendaraan bermotor di dunia menggunakan energi bahan bakar minyak atau yang
biasa disebut dengan BBM. Seperti dewasa ini, sumber energi semakin hari
semakin menipis, maka dibutuhkan energi lain sebagai alternative sumber energi
baru untuk mengurangi krisis energi yang pada akhirnya akan meningkatkan
kesejahteraan manusia.
Oxford Dictionary mendefinisikan
energy alternatif sebagai energi yang digunakan bertujuan untuk menghentikan
penggunaan sumber daya alam atau pengrusakan lingkungan. Ada banyak sekali
sumber daya primer alam yang terbarukan dan bias digunakan untuk menghasilkan
energi salah satunya energi listrik (Djiteng Marsudi, 2005) baik sumber
bersifat alamiah seperti cahaya, angin dan air maupun yang bersifat material
fisika seperti magnet permanen, perbedaan tekanan dan efek grafitasi. Energi
yang dihasilkan oleh magnet permanen dapat berlangsung selama 400 tahun hingga
daya magnetnya hilang selain itu juga tanpa efek pencemaran lingkungan.
Integrasi antara teknologi yang
menggunakan energi terbarukan sangat membantu kegiatan manusia disamping
menyelamatkan bumi ini karena bersifat ramah lingkungan dan bisa mengurangi
pemanasan global. Perkembangan ini salah satunya bias diwujudkan dalam bidang
transportasi yang pada akhirnya bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada
manusia.
Sepeda listrik adalah sebuah alat
transportasi yang ramah lingkungan, didesain untuk mengurangi emisi dari
kendaraan bahan bakar minyak serta dapat digunakan untuk sarana rekreasi,
fitness dan olahraga lainnya. Penelitian ini akan dikembangkan untuk sepeda
listrik dengan menggunakan generator magnet permanen yang sekaligus memiliki
fungsi sebagai motor. Generator sebagai pembangkit listrik dengan penggerak
kayuhan sepeda yang kemudian mengisi akumulator dan motor akan menggerakan roda
sepeda dengan menggunakan sumber listrik dari akumulator tersebut.
2. Pembahasan
·
Magnet Permanen
Magnet permanen atau magnet tetap
adalah objek terbuat dari bahan yang magnet dan menciptakan medan magnet
sendiri. Magnet permanen atau magnet tetap tidak memerlukan tenaga atau bantuan
dari luar untuk menghasilkan daya magnet. Jenis-jeni magnet permanen.
1.
Magnet Neodymium, merupakan magnet
tetap yang paling kuat. Magnet Neodymium (juga dikenal sebagai NdFeB, NIB, atau
magnet Neo), merupakan sejenis magnet tanah jarang, terbuat dari campuran logam
Neodymium,
2.
Magnet Samarium-Cobalt, salah satu
dari dua jenis magnet bumi yang langka, merupakan magnet permanen yang kuat
yang terbuat dari paduan samarium dan kobalt.
3.
Ceramic Magnet.
4.
Plastic Magnet.
5.
Alnico Magnet
Gambar 1. Medan
Magnet di Sekitar Magnet
· Medan Magnet
Medan magnet
adalah suatu daerah atau ruang di mana mengalami gaya magnet. Garis gaya magnet
atau fluks menggambarkan adanya medan magnetik dan garis gaya magnet
digambarkan dengan garis lengkung.
Sifat garis-garis
gaya magnetik :
1. Garis-garis gaya
magnet tidak pernah saling berpotongan.
2. Garis-garis gaya
magnet selalu keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan magnet.
3. Garis-garis gaya
magnet rapat = medan magnetnya kuat.
4. Garis-garis gaya
magnet renggang = medan magnetnya lemah.
·
Fluks Magnetik adalah banyaknya garis medan magnetik
yang dilingkup oleh suatu luas daerah tertentu (A) dalam arah tegak lurus.
·
Generator
Generator adalah
suatu perangkat mesin yang menghasilkan energi listrik dari sumber energi
mekanik atau gerak melalui proses induksi elektromagnetik. Generator memperoleh
energi mekanis dari prime mover atau penggerak mula. Energi mekanis dapat
berasal dari tenaga panas, tenaga potensial air, motor diesel, motor bensin
bahkan ada yang berasal dari motor listrik. Prinsip kerja generator berdasarkan
hukum Faraday yang mengandung pengertian bahwa apabila sepotong kawat penghantar
listrik berada dalam medan magnet berubah-ubah, maka di dalam kawat tersebut
akan terbentuk GGL induksi. Demikian pula sebaliknya bila sepotong kawat
penghantar listrik digerak-gerakkan dalam medan magnet, maka kawat penghantar
tersebut juga terbentuk GGL induksi.
Generator AC
adalah generator yang menghasilkan listrik arus bolak balik. Generator arus
bolak balik sering disebut generator sinkron atau altenator.
Pada generator
AC, kumparan jangkar disebut juga kumparan stator karena berbeda pada tempat
yang tetap, sedangkan kumparan rotor bersama-sama dengan kutub magnet diputar
oleh tenaga mekanik. Sesuai dengan hukum Faraday, tegangan akan diinduksikan
pada konduktor apabila konduktor tersebut berada dalam medan magnet
berubah-ubah sehingga memotong garis-garis gaya, maka di dalam konduktor
tersebut akan terbentuk GGL induksi.
GGL induksi pada
generator AC dapat diperbesar dengan cara memperbanyak lilitan kumparan,
menggunakan magnet permanen yang lebih kuat, mempercepat putaran rotor, dan
menyisipkan inti besi lunak ke dalam kumparan.
Gambar 2. Struktur Generator AC
Gambar 3. Struktur Generator AC
gambar 4. stator dan rotor
Secara umum generator AC terdiri dari stator, rotor, dan celah udara (ruang antara stator dan rotor).
- Stator
Stator adalah
bagian yang tak berputar (diam) yang mempunyai bagian terdiri dari rangka
stator yang merupakan salah satu bagian utama dari generator yang terbuat dari
besi tuang dan ini merupakan rumah dari semua bagian-bagian generator. Pada
stator terdapat stator core (inti) dan kumparan stator. Stator core dibuat dari
bahan baja dan mempunyai alur pada bagian dalamnya untuk menempatkan kumparan
stator. Pada kumparan inilah GGL induksi dibangkitkan karena adanya medan
magnet dari rotor yang bergerak.
- Rotor
Rotor adalah
bagian dari generator yang berputar yang terdapat magnet. Rotor pada
generator AC pada dasarnya adalah sebuah elektromagnet
yang besar.
·
Generator
DC
Generator DC adalah generator yang menghasilkan arus
searah. Prinsip kerja generator DC sama dengan generator AC. Namun, pada
generator DC arah arus induksinya tidak berubah. Hal ini disebabkan cincin yang
digunakan pada generator DC
berupa cincin belah (komutator). Komutator menyebabkan
terjadinya komutasi, peristiwa komutasi merubah arus.
Gambar 5. Konstruksi Generator DC
Generator DC terdiri dua bagian, yaitu stator, yaitu
bagian mesin DC yang diam, dan
bagian rotor, yaitu bagian mesin DC yang berputar. Bagian
stator terdiri dari: rangka motor, belitan stator, sikat arang, bearing dan terminal
box. Sedangkan bagian rotor terdiri dari komutator, belitan rotor, kipas rotor
dan poros rotor. Bagian yang harus menjadi perhatian untuk perawatan secara
rutin adalah sikat arang yang akan memendek dan harus diganti secara berkala.
Komutator harus dibersihkan dari kotoran sisa sikat arang yang menempel dan serbuk
arang yang mengisi celah-celah komutator, gunakan amplas halus untuk membersihkan
noda bekas sikat arang.
Sumber arus searah dari tegangan bolak-balik, meskipun
tujuan utamanya adalah
pembangkitan tegangan searah, tampak bahwa tegangan
kecepatan yang dibangkitkan pada kumparan jangkar merupakan tegangan
bolak-balik. Bentuk gelombang yang berubah-ubah tersebut karenanya harus
disearahkan. Untuk mendapatkan arus searah dari arus bolak balik dengan
menggunakan saklar, komutator dan dioda.
Daftar Pustaka
Budiman, Aris.
Asy’ari, Hasyim. Hakim, Arif Rahman. Desain
Generator Magnet Permanen Untuk Sepeda Listrik. Jurnal Teknik Elektro Fakultas
Teknik UMS, Vol. 12 No. 01 ISSN 1411-8890
hahahahahah
ReplyDeletedengan perkembangan tehnologi yg semakin canggih dah penemuan yg beragam, maka sudah saatnya kita terus berkarya mengikuti perkembangan jaman, biar ga ketinggalan dengan negara lain.
ReplyDeleteberbagi ilmu dengan org lain maka makin bertambah pula amalnya.
terus berkarya untuk org banyak, akan selalu di kenang di masa yg akan datang. moga sukses selalu anak bangsa yg selalu berkarya.